INFORMASI - BERITA & KEGIATAN

Audiensi AKLI Dengan Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo. Di Istana Negara, Rabu 15 Juni 2016

Di upload pada: 16-06-2016 06:30 wib

Puluhan ribu pasukan instalatir kami siap membantu program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan Tenaga Listrik Bagi Rakyat Indonesia.




                



A.    LATAR BELAKANG

Badan Usaha yang belum berbadan hukum, mereka ujung tombak pekerjaan listrik di pedesaan dan pelayanan masyarakat.

 Tidak mampu memperpanjang pengurusan ijin usaha karena harus berubah menjadi PT dan harus memiliki banyak tenaga kerja yang bersertifikat kompetensi sangat memerlukan uluran tangan Pemerintah untuk penyederhanaan persyaratan perijinan usaha dan sertifikasi tenaga kerja,  baik untuk Sertifikat Badan Usaha maupun Sertifikat Profesi

Perijinan usaha ketenagalistrikan dan usaha jasa konstruksi yang tumpang tindih akibat dari UU Jasa Konstruksi, UU Ketenagalistrikan dan UU Ketenagakerjaan, bahwa untuk berusaha jasa  ketenagalistrikan di Indonesia, harus memiliki sertifikat yang diterbitkan oleh LPJK - Kemen PUPR, Kemen ESDM dan Kemen NAKER.

Ibarat ngojek ... punya tiga SIM dan tiga STNK dan dua BPKB. Hal ini dirasakan sangat berat bagi anggota kami. Kami kuatir, hal ini justru menurunkan daya saing perusahaan & tenaga kerja kita di era MEA.

 

B.    USULAN

1. Memperbaiki layanan publik guna memperoleh: kemudahan, kecepatan, kepastian dan kesederhanaan perijinan usaha ketenagalistrikan dan sertifikasi profesi dengan memusatkan perijinan Satu Pintu.

2. Segala layanan listrik masyarakat secara ONLINE - TERINTEGRASI antara Instalastir, Pemerintah, PEMDA, dan PLN. Sehingga Mudah, Cepat, Murah dan Pasti seperti GO-JEK.  Ini untuk menjamin keamanan & keselamatan jiwa & harta benda. Mohon dorongan dari Bapak Presiden.

3.  Menyediakan paket-paket pekerjaan sebanyak banyaknya bagi UKM untuk pemberdayaan, pembinaan dan pengembangan usaha kecil.

4.  Memprioritaskan pengusaha kecil instalatir listrik setempat untuk pekerjaan jaringan listrik pedesaan, layanan teknik rumah tangga, dan pekerjaan-pekerjaan sederhana seperti dulu. Bukan diberikan kepada pengusaha besar yang kuat modal atau tunjuk langsung ke anak perusahaan BUMN. Sehingga kami jadi penonton. Ibarat Pukat Harimau se ikan-ikan terinya diangkut.

5.  Pendidikan dan pelatihan gratis untuk Capacity Building anggota pengusaha kecil khususnya on the job training di proyek-proyek pembangkit karena belum ada kompetensi karena belum ada kesempatan. Ini penting untuk kemandirian dan penguasaan teknologi secepatnya.



File terkait, silahkan klik disini.
 
Silahkan hubungi kami via YM:


Arti Logo HUT RI ke 71



 


bagi situs ini ke: